Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Mempersatukan Bangsa

Bahasa Indonesia memainkan peran yang sangat penting di setiap sekolah, perusahaan, organisasi, kelompok, rumah, dll dari komunitas manusia. Bahasa setiap komunitas manusia mengatakan banyak tentang komunitas ini, sehingga dapat lebih ditekankan bahwa bahasa dan setiap masyarakat manusia saling terkait. Bahasa menempati tempat yang sangat penting dalam setiap masyarakat manusia, lebih dari yang terlihat oleh semua orang. Ciri-ciri bahasa dalam masyarakat manusia mana pun meliputi: ekspresi pemikiran, politik, administrasi, pendidikan, sosial, agama, perundang-undangan, dan sebagainya.

Namun, kami akan menggunakan Indonesia sebagai studi kasus. Tujuan setiap masyarakat manusia adalah perdamaian dan persatuan, banyak negara di dunia menghadapi berbagai tingkat konflik saat ini, dan sayangnya Nigeria adalah salah satu dari negara-negara ini. Dokumen ini dimaksudkan untuk menguji peran bahasa dalam mencapai persatuan nasional di Indonesia. Orang-orang sebelumnya menyatakan pandangan mereka yang berbeda tentang pentingnya pantun nasehat.


Dosen saya, Profesor Fakuade.G. berkata, dan saya kutip, "Bahasa adalah cermin masyarakat yang setia," dengan kata lain, bahasa adalah apa yang ditunjukkan masyarakat nyata. Ini berarti bahwa bahasa dalam setiap masyarakat dimaksudkan untuk mencerminkan kepada dunia tentang apa masyarakat itu. Karena itu, bahasa setiap komunitas harus memberi kita pengetahuan sempurna tentang apa itu masyarakat. Budaya, kepercayaan, status berpakaian, perkawinan, dan informasi sosiolinguistik lainnya tentang masyarakat. Bahasa juga harus dilihat sebagai simbol suatu negara seperti bendera, lagu kebangsaan, mata uang, dll. Dengan kata lain, bahasa harus menjadi jendela di mana orang dapat melihat masyarakat.

Seperti yang dilihat Bamgbose, bahasa Inggris adalah bahasa integrasi di Nigeria. Di tengah kompleksitas Nigeria, terutama yang berkaitan dengan masalah bahasa, bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa yang menunjukkan semangat kohesi. Ini jelas menunjukkan bahwa bahasa Inggris di Nigeria telah memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga Nigeria bersama sebagai satu negara. Di tengah keragaman budaya dan perbedaan kepercayaan kami, bahasa Inggris masih memainkan peran penting dalam menjaga Nigeria bersama, dan karena itu adalah hubungan antara berbagai kelompok etnis di Nigeria, Anda tidak dapat melewatkan memberikannya plus bahasa Inggris dengan cara itu terus kita bersama. Dari lebih dari 500 bahasa yang kami miliki di Nigeria, kami masih memiliki koneksi, dan koneksi ini tidak lain adalah bahasa Inggris. Ini telah berfungsi sebagai alat komunikasi antara berbagai suku di Indonesia.

Dari semua peninggalan yang ditinggalkan oleh Inggris setelah berakhirnya pemerintahan kolonial di Nigeria, tidak ada yang lebih penting daripada bahasa Inggris. Hari ini adalah bahasa pemerintah, bisnis dan perdagangan, pendidikan, media massa, sastra dan banyak komunikasi internal dan eksternal. Bamgbose (1971).


Sebagai bahasa komunikasi yang lebih luas (LWC), bahasa Inggris digunakan untuk komunitas phatic, tujuan seremonial dan instrumen untuk menyimpan catatan, menyebarkan informasi, bereksperimen sendiri dan berpikir di antara berbagai kelompok bahasa di Nigeria. Dasar linguistik umum, yang merupakan prasyarat untuk keberadaan suatu bangsa, disediakan oleh bahasa Inggris. Dengan bahasa Inggris sebagai bahasa umum untuk semua kelompok etnis, rasa kepemilikan kolektif ditempa terlepas dari perbedaan individu atau etnis.

Jelas bahwa bahasa yang sebagian besar menjaga Nigeria tetap up-to-date adalah bahasa Inggris yang diteruskan kepada kita oleh tuan kolonial kita, dan sejauh ini telah memainkan peran ini dengan baik. Dalam komunikasi harian resmi kami, hubungan antara berbagai kelompok etnis yang kami miliki di Nigeria membaik. Seorang pria Igbo yang belum pernah ke barat negara dan tidak memiliki pemahaman tentang Yoruba pasti akan melihat bahasa Inggris dan merupakan cara terbaik untuk mengungkapkan perasaan, pikiran, atau apa yang dia katakan dalam situasi seperti itu.

Bidang lain di mana Jev Edukasi Online telah membantu menjaga kita bersama di Indonesia adalah akademisi, karena hal ini berkontribusi besar dalam menjembatani kesenjangan antara kaya dan miskin, yang istimewa dan yang kurang istimewa. Jadi kami memiliki bahasa Inggris sebagai penghubung antara kelas tinggi dan rendah di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates: